Struktur Program Arduino

Selamat datang kembali di artikel Arduino bersama webagus.id. Pada artikel yang terdahulu telah dibahas  mengenai Arduino Sebagai Platform Prototipe Elektronika Open Source, Mengenal Komponen pada Papan Arduino UNO, dan Instalasi dan Pengaturan Arduino IDE. Sebagai lanjutannya, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai Struktur Program Arduino dan beberapa terminologi yang digunakan dalam Arduino. Program Arduino yang dibuat di Arduino IDE disebut dengan Sketch.

Struktur Program pada Skecth

Program dalam Skecth Arduino dapat dibagi dalam tiga bagian utama yaitu: Structure, Values (variabel dan konstanta), dan Function.

Structure

Struktur software pada Skecth terdiri dari dua function utama, yaitu :

  • Setup( )
  • Loop( )

Saat pertama kali membuka Arduino IDE, maka kedua function tersebut akan muncul langsung pada Skecth, seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

  • Setup()

fungsi ini dipanggil pertama kali ketika menjalankan sketch dan digunakan sebagai tempat untuk inisialisai variablepin mode, penggunaan library dan lain-lain. fungsi ini dijalankan sekali ketika papan Arduino dinyalakan atau di reset.

  • loop()

Setelah membuat fungsi setup() sebagai tempat inisialisai variabel dan menetapkan nilai maka selanjutnya fungsi loop() akan melakukan perulangan berturu-turut, memungkinkan program untuk mengubah dan menanggapi. loop() ini digunakan untuk mengontrol papan Arduino.

Values

Values pada Skecth berisi variabel atau konstanta sesuai dengan tipe data yang didukung oleh Arduino.

Function

Segmentasi kode program ke bentuk Function memungkinkan programmer untuk membuat potongan-potongan kode yang melakukan tugas yang terdefinisi dan kemudian kembali ke asal kode dari mana function itu “dipanggil”. Penggunaan Function adalah ketika ada kebutuhan untuk melakukan tindakan yang sama beberapa kali dalam sebuah program.

You May Also Like

About the Author: Webagus

webagus.id adalah website yang menyajikan berbagai artikel dari berbagai bidang ilmu. Melalui slogannya "Saluran Artikel Bagus" website webagus.id berusaha menyajikan artikel-artikel bagus dari berbagai sumber.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *