String dalam Pemrograman Arduino

Secara umum string merupakan tipe data untuk menyimpan teks. String dapat digunakan untuk menampilkan teks pada LCD atau jendela Serial Monitor Arduino IDE. String juga berguna untuk penyimpanan masukan dari pengguna, seperti karakter yang diketik pengguna melalui keypad yang terhubung ke Arduino.

Terdapat dua jenis string dalam pemrograman Arduino, yaitu :

  • Array Karakter (Arrays of characters), yang sama dengan string yang digunakan dalam bahasa C
  • String Arduino, yang memungkinkan pengguna menggunakan objek string dalam sketch.

Array Karakter

Array Karakter merupakan string yang berisi sekupulan/seri karakter dari tipe char. Array merupakan seri berturut-turut dari jenis variabel yang sama yang disimpan dalam memori. Dengan demikian String merupakan array variabel char. Array karakter memiliki satu elemen tambahan di akhir string, yang selalu memiliki nilai 0 (nol), yang dikenal dengan sebutan “null terminated string“.

Contoh berikut menunjukkan cara membuat string. Dalam contoh berikut terdapat Array karakter dengan karakter yang dapat dicetak dan 0 sebagai elemen terakhir array untuk menunjukkan bahwa ini adalah tempat berakhirnya string. String dapat dicetak ke jendela Serial Monitor Arduino IDE dengan menggunakan Serial.println ().

Contoh yang sama dengan ini dapat ditulis dengan cara yang lebih nyaman seperti yang ditunjukkan di bawah ini

Dalam sketch ini, kompiler menghitung ukuran array string dan terminator null mengakhiri string dengan nol secara otomatis. Array yang panjangnya lima elemen dan terdiri dari empat karakter diikuti dengan nol dibuat dengan cara yang persis sama seperti pada sketch sebelumnya.

Memanipulasi Array Karakter

Kita dapat mengubah array karakter (string) dalam program seperti yang ditunjukkan pada sketch berikut.

Hasil

 

Artikel Terkait

About the Author: Webagus

webagus.id adalah website yang menyajikan berbagai artikel dari berbagai bidang ilmu. Melalui slogannya "Saluran Artikel Bagus" website webagus.id berusaha menyajikan artikel-artikel bagus dari berbagai sumber.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *