Resistor Non Linier

Resistor Non Linier. Ada banyak jenis resistor sesuai dengan jenis bahan yang digunakan, prosedur pembuatan dan aplikasinya. Secara umum resistor dibagi menjadi dua jenis, yaitu Resistor Linier dan Resistor Non Linier. Resistor linier memiliki karakteristik Tegangan dan Arus (V-I) yang linier. Sedangkan resistor non-linier memiliki karakteristik Tegangan dan Arus (V-I) yang tidak linier.

Resistor linier merupakan resistor yang karakteristik tegangan dan arus berubah secara non linier. Nilai tegangan dan arus berubah tergantung pada faktor lain seperti temperatur dan cahaya yang memiliki karakteristik tidak linier.

Jenis-jenis Resistor Non Linier

Berikut ini adalah jenis-jenis resistor non linier

Thermistor

Thermistor dapat dikatakan sebagai Thermal Resistor. Thermal berarti temperatur (suhu). Dalam resistor ini, nilai resistansinya berubah karena suhu. Jika panas bertambah, hambatannya berkurang dan sebaliknya. Ini digunakan untuk tujuan pengukuran dan kontrol.

Jenis utama dari Thermistor adalah NTC dan PTC.

NTC adalah singkatan dari Negative Temperature Coefficient.  Nilai resistansi NTC akan menurun seiring dengan meningkatnya suhu. Ini digunakan untuk melindungi perangkat dari kondisi tegangan berlebih.

PTC adalah singkatan dari Positive Temperature Coefficient. Nilai resistensi PTC akan meningkat dengan meningkatnya suhu. Ini digunakan untuk melindungi perangkat dari kondisi saat ini.

Berikut ini adalah bentuk fisik dan simbil dari NTC dan PTS beserta simbolnya.

Photo Resistor

Photo berarti cahaya. Pada resistor ini, nilai resistansi berubah karena cahaya. Ketika cahaya meningkat, resistansi berkurang dan sebaliknya. Ini juga digunakan untuk tujuan pengukuran dan kontrol. Photo resistor disebut juga LDR (Light Dependent Resistor).

Varistors

Resistansi varistor, berubah-ubah sesuai dengan tegangan yang diberikan. Ketika tegangan meningkat, resistansi berkurang dan jika tegangan menurun, resistansi meningkat. Varistor juga disebut sebagai VDR (Voltage Dependent Resistor).

Surface Mount

Resistor Ini banyak digunakan sejak diperkenalkannya teknologi pemasangan permukaan (surface mount). Ini dapat disebut sebagai resistor chip, yang berarti lapisan resistif terintegrasi pada chip keramik.

Resistor surface mount ini sangat kecil jika dibandingkan dengan resistor normal dan karenanya menempati lebih sedikit ruang. Resistor ini efektif dan menghilangkan lebih sedikit panas. Penemuan resistor ini telah mengubah tampilan PCB (Printed Circuit Board) dan sangat mengurangi ukurannya.

Keuntungan dari resistor surface mount adalah

  • padat dalam ukuran.
  • sangat stabil.
  • memiliki toleransi yang baik.
  • efektif dalam mengurangi pembuangan panas.

Contoh dari resistor surface mount dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

You May Also Like

About the Author: Webagus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *