Pengetahuan Dasar tentang Komputer

Komputer telah banyak kita jumpai di mana-mana, baik itu di sekolah, bank, toko, stasiun kereta api, rumah sakit atau rumah kita sendiri. Komputer membuat pekerjaan kita menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Komputer telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari karena komputer dapat menyelesaikan tugas-tugas dengan mudah secara berulang kali tanpa merasa bosan. Karena komputer merupakan bagian integral dari kehidupan kita, maka kita harus tahu apa dan bagaimana fungsi dari komputer.

Definisi Komputer

Arti umum dari komputer adalah perangkat yang dapat menghitung. Namun, komputer modern saat ini dapat melakukan hal yang lebih banyak daripada menghitung. Komputer adalah perangkat elektronik yang menerima input, menyimpan atau memproses input sesuai instruksi pengguna dan memberikan output dalam format yang diinginkan.

Model Input-Proses-Output

Input (masukan) komputer disebut data dan output yang disebut sebagai informasi. Informasi diperoleh setelah memprosesnya berdasarkan instruksi pengguna. Fakta dan angka mentah yang dapat diproses menggunakan operasi aritmatika dan logis untuk mendapatkan informasi disebut dengan data.

Alur kerja sederhana dari komputer adalah sebagai berikut

Proses yang dapat diterapkan pada data terdiri dari dua jenis yaitu

  • Operasi aritmatika, seperti operasi perhitungan seperti penambahan, pengurangan, diferensial, akar kuadrat, dll.
  • Operasi logis, seperti operasi perbandingan seperti lebih dari, kurang dari, sama dengan, dll.

Bagian Dasar Komputer

Berikut ini adalah bagian-bagian dasar dari komputer.

1. Unit Input

Merupakan unit yang digunakan untuk memasukkan data ke komputer. Perangkat seperti keyboard dan mouse yang digunakan untuk memasukkan data dan instruksi ke komputer merupakan contoh unit input.

2. Unit Output

Merupakan unit yang digunakan untuk menampilkan hasil pemngolahan komputer. Perangkat seperti printer dan unit tampilan visual yang digunakan untuk memberikan informasi kepada pengguna dalam format yang diinginkan merupakan contoh dari unit output.

3. Unit kendali

Seperti namanya, unit ini mengendalikan semua fungsi komputer. Semua perangkat atau bagian komputer saling berinteraksi melalui unit kendali.

4. Unit Aritmatika dan Logika

Unit ini merupakan otak dari komputer,  tempat semua operasi aritmatika dan operasi logis berlangsung.

5. Memori

Semua data input, instruksi dan data sementara untuk proses disimpan dalam memori. Memori terdiri dari dua jenis, yaitu memori primer (memori utama) dan memori sekunder. Memori primer berada di dalam CPU sedangkan memori sekunder berda di luar CPU.

Unit kendali, unit aritmatika dan logika, dan memori secara bersamaan disebut unit pemrosesan pusat atau central processing unit (CPU). Perangkat komputer seperti keyboard, mouse, printer, dan lain-lain yang dapat kita lihat dan sentuh adalah komponen perangkat keras (hardware) komputer. Serangkaian instruksi atau program yang membuat komputer berfungsi menggunakan bagian-bagian perangkat keras ini disebut perangkat lunak (software). Kita tidak dapat melihat atau menyentuh perangkat lunak. Baik perangkat keras dan perangkat lunak semuanya diperlukan untuk mengoperasikan komputer.

Karakteristik Komputer

Untuk memahami mengapa komputer adalah bagian penting dari kehidupan sehari-hari, mari kita lihat beberapa karakteristiknya di bawah ini.

1. Cepat

Biasanya, komputer dapat melakukan 3-4 juta instruksi per detik.

2. Akurat

Komputer menunjukkan tingkat akurasi yang sangat tinggi. Kesalahan yang mungkin terjadi biasanya karena data yang tidak akurat, instruksi yang salah atau bug dalam chip.

3. Handal

Komputer dapat melakukan jenis pekerjaan yang sama berulang kali tanpa menimbulkan kesalahan karena kelelahan atau kebosanan.

4. Serba Guna

Komputer dapat melakukan berbagai pekerjaan mulai dari input data dan pemesanan tiket hingga perhitungan matematika yang rumit dan pengamatan astronomi yang berkelanjutan. Jika kita memasukkan data yang diperlukan dengan instruksi yang benar, komputer akan melakukan pemrosesan.

5. Penyimpanan yang efektif

Komputer dapat menyimpan sejumlah besar data dengan biaya penyimpanan file yang sangat kecil. Selain itu, data aman dari keausan seperti pada penyimpanan data di kertas.

Keuntungan Menggunakan Komputer

Sekarang kita telah tahu karakteristik dari komputer, kita bisa melihat kelebihan yang ditawarkan komputer, yaitu:

  1. Komputer dapat melakukan tugas yang sama secara berulang dengan akurasi yang sama.
  2. Komputer tidak capek atau bosan.
  3. Komputer dapat mengambil tugas rutin sambil melepaskan sumber daya manusia untuk fungsi yang lebih cerdas.

Booting

Memulai komputer disebut booting. Booting terjadi dalam tiga langkah yaitu

  1. Menghidupkan catu daya
  2. Memuat sistem operasi ke dalam memori utama komputer
  3. Menyimpan semua aplikasi dalam keadaan siap jika dibutuhkan oleh pengguna

Program atau serangkaian instruksi pertama yang dijalankan ketika komputer dinyalakan disebut BIOS atau Basic Input Output System. BIOS adalah firmware, misalnya perangkat lunak yang diprogram secara permanen ke dalam perangkat keras.

Jika suatu sistem sudah berjalan tetapi perlu direstart, itu disebut reboot. Rebooting mungkin diperlukan jika perangkat lunak atau perangkat keras telah diinstal atau sistemnya sangat lambat.

Ada dua jenis booting komputer, yaitu

  • Cold Booting (Booting Dingin)

Ketika sistem dimulai dengan menyalakan catu daya, ini disebut cold booting. Langkah selanjutnya dalam cold booting adalah memuat BIOS.

  • Warm Booting (Booting Hangat)

Ketika sistem sudah berjalan dan perlu direstart atau direboot, ini disebut Warm booting. Warm Boot lebih cepat daripada cold boot karena BIOS tidak dimuat ulang.

About the Author: Webagus

webagus.id adalah website yang menyajikan berbagai artikel dari berbagai bidang ilmu. Melalui slogannya "Saluran Artikel Bagus" website webagus.id berusaha menyajikan artikel-artikel bagus dari berbagai sumber.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *