Objek String dalam Pemrograman Arduino

Pengertian Objek

Objek merupakan konstruk yang berisi data dan fungsi. Objek String dapat dibuat seperti variabel dan diberi nilai atau string. Objek String berisi fungsi (yang disebut “metode” dalam pemrograman berorientasi objek (OOP)) yang beroperasi pada data string yang terkandung dalam objek String.

Sketch dan penjelasan berikut akan memperjelas mengenai apa itu objek dan bagaimana objek string digunakan.

Hasil

Objek string dibuat dan diberi nilai (atau string) pada bagian atas sketch.

String my_str = “Ini adalah string.”;

Ini membuat objek string dengan nama my_str dan memberikan nilai kepadanya “Ini adalah string.“. Ini dapat dibandingkan dengan membuat variabel dan memberikan nilai padanya seperti integer, misalnya int my_var = 227;

Tahapan-tahapan kerja dari Sketch di atas adalah sebagai berikut.

Mencetak String

String dapat dicetak ke jendela Serial Monitor seperti string array karakter

Mengubah String menjadi huruf kapital (Upper-case)

Objek string yang dibuat, memiliki sejumlah fungsi atau metode yang dapat dioperaskan padanya. Metode-metode ini dipanggil dengan menggunakan nama objek diikuti oleh operator titik (.) dan kemudian nama fungsi yang digunakan.

my_str.toUpperCase();

Fungsi toUpperCase () beroperasi pada string yang terkandung dalam objek my_str yang bertipe String dan mengubah data string (atau teks) yang berisi objek ke karakter huruf besar. Secara teknis, String disebut kelas dan digunakan untuk membuat objek String.

Overwrite a String

Operator penugasan digunakan untuk menetapkan string baru ke objek my_str yang menggantikan string lama

my_str = “String baru.” ;

Operator penugasan tidak dapat digunakan pada string array karakter, tetapi hanya bekerja pada objek String.

Mengganti Kata dalam String

Fungsi replace() digunakan untuk mengganti string pertama yang dilewatinya dengan string kedua yang dilewatinya. replace() adalah fungsi lain yang dibangun ke dalam kelas String dan tersedia untuk digunakan pada objek String my_str.

Mendapatkan Panjang String

Mendapatkan panjang string mudah dilakukan dengan menggunakan length(). Dalam contoh Sketch di atas, hasil yang dihasilkan oleh length() diteruskan langsung ke Serial.println() tanpa menggunakan variabel perantara.

Kapan menggunakan Objek String ?

Objek String jauh lebih mudah digunakan daripada array karakter string. Objek memiliki fungsi bawaan yang dapat melakukan sejumlah operasi pada string.

Kerugian utama dari menggunakan objek String adalah bahwa ia menggunakan banyak memori dan dapat dengan cepat menggunakan memori RAM Arduino, yang dapat menyebabkan Arduino hang, crash atau berperilaku tidak terduga. Jika sketsa pada Arduino kecil dan membatasi penggunaan objek, maka seharusnya tidak ada masalah.

String array karakter lebih sulit digunakan dan kita mungkin perlu menulis fungsi sendiri untuk beroperasi pada tipe string ini. Keuntungannya adalah kita memiliki kontrol pada ukuran array string yang dibuat, sehingga kita dapat menjaga array kecil untuk menghemat memori.

Perlu dipastikan bahwa penulisan kode tidak melebihi batas array dengan array string. Objek String tidak memiliki masalah ini dan akan mengurus batasan string asalkan ada cukup memori untuk beroperasi. Objek String dapat mencoba menulis ke memori yang tidak ada ketika kehabisan memori, tetapi tidak akan pernah menulis di akhir string yang dioperasikan.

Artikel Terkait

About the Author: Webagus

webagus.id adalah website yang menyajikan berbagai artikel dari berbagai bidang ilmu. Melalui slogannya "Saluran Artikel Bagus" website webagus.id berusaha menyajikan artikel-artikel bagus dari berbagai sumber.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *