Model Pembelajaran Cooperative Learning

Pengertian Cooperative Learning

Sesuai dengan namanya, Cooperative Learning berasal dari kata cooperative. Cooperative berarti mengerjakan sesuatu secara bersama-sama dengan saling membantu satu sama lainnya sebagai satu kelompok atau satu tim (Isjoni, 2009). Berkaitan dengan metode Cooperative Learning, Slavin (1995) mengemukakan, “In cooperative learning methods, student work together in four member teams to master material initially presented by the teacher”. Dengan demikian, cooperative learning adalah suatu model pembelajaran dimana siswa belajar dan bekerja dalam kelompok-kelompok kecil yang berjumlah 4-6 orang secara kolaboratif sehingga dapat merangsang siswa lebih bergairah dalam belajar.

Cooperative learning merupakan strategi belajar dengan sejumlah siswa sebagai anggota kelompok kecil yang berbeda tingkat kemampuannya. Dalam menyelesaikan tugas kelompok, setiap siswa harus saling bekerja sama dan saling membantu untuk memahami materi pelajaran (Isjoni, 2009).

Sunal dan Hans (2000) mengemukakan bahwa cooperative learning merupakan suatu cara pendekatan atau serangkaian strategi yang khusus dirancang untuk memberi dorongan kepada peserta didik agar bekerja sama selama proses pembelajaran. Selanjutnya Stahl (1994) menyatakan bahwa cooperative learning dapat meningkatkan belajar siswa lebih baik dan meningkatkan sikap tolong menolong dalam perilaku sosial (Isjoni, 2009).

Pada dasarnya cooperative learningmengandung pengertian sebagai suatu sikap atau perilaku bersama dalam atau membantu diantara sesame dalam struktur kerjasama yang teratur dalam kelompok, yang terdiri dari dua orang atau lebih di mana keberhasilan kerja sangat dipengaruhi oleh keterlibatan dari setiap anggota kelompok itu sendiri.Kemudian model pembelajaran ini juga membantu siswa dalam mengembangkan pemahaman dan sikpnya sesuai dengan kehidupan nyata di masyarakat. Sehingga dengan bekerja secara bersama-sama diantara sesama anggota kelompok akan meningkatkan motivasi, produktivitas, dan perolehan belajar (Solihatin, 2007).

Tujuan Cooperative Learning

Pada dasarnya cooperative learning mengandung pengertian sebagai suatu sikap atau perilaku bersama dalam bekerja atau membantu diantara sesama dalam struktur kerjasama yang teratur dalam kelompok, yang terdiri dari dua orang atau lebih di mana keberhasilan kerja sangat dipengaruhi oleh keterlibatan dari setiap anggota kelompok itu sendiri.Kemudian model pembelajaran ini juga membantu siswa dalam mengembangkan pemahaman dan sikapnya sesuai dengan kehidupan nyata di masyarakat.Sehingga dengan bekerja secara bersama-sama diantara sesama anggota kelompok akanmeningkatkan motivasi, produktivitas, dan perolehan belajar (Solihatin, 2007).

Cooperative learning merupakan sebuah kelompok strategi pengajaran yang melibatkan siswa bekerja secara kolaborasi untuk mencapai tujuan bersama. Model pembelajaran ini mempunyai efek yang berarti terhadap penerimaan yang luas terhadap keragaman ras dan agama, strata sosial, kemampuan, dan ketidakmampuan. Karena itu rasa saling menghargai antar teman akan tercipta dalam proses pembelajaran.

Dalam Cooperative Learning dibutuhkan partisipasi dan kerja sama kelompok pembelajaran. Cooperative Learningdapat meningkatkan cara belajar siswa menuju belajar lebih baik. Tujuan utama dalam penerapan Cooperative Learningadalah supaya peserta didik dapat belajar secara berkelompok bersama teman-temannya dengan cara saling menghargai pendapat dan memberikan kesempatan kepada orang lain untuk mengemukakan gagasannya dengan menyampaikan pendapat mereka secara berkelompok (Isjoni, 2009).

Tujuan penting lain dari Cooperative Learning adalah untuk mengajarkan kepada siswa keterampilan kerjasama dan kolaborasi.  Keterampilan ini sangatlah penting untuk dimiliki di dalam masyarakat di mana banyak pekerjaan dilakukan dalam organisasi yang saling bergantungan satu sama lain dan di mana masyarakat secara budaya semakin beragam.

Sumber Pustaka

  • Isjoni. 2009. Cooperative Learning, Efektifitas Pembelajaran Kelompok, cet. Ke- II. Bandung: Alfabeta
  • Solihatin, Etin. 2007.Cooperative Learning. Jakarta: Bumi aksara

Artikel Terkait

About the Author: Webagus

webagus.id adalah website yang menyajikan berbagai artikel dari berbagai bidang ilmu. Melalui slogannya "Saluran Artikel Bagus" website webagus.id berusaha menyajikan artikel-artikel bagus dari berbagai sumber.