Mengundang Mahasiswa untuk Bergabung pada Google Classroom

Jika telah berhasil membuat kelas di Google Classroom, selanjutnya kita dapat menambahkan peserta berupa mahasiswa untuk bergabung. Terdapat dua cara untuk mengundnag mahasiswa untuk bergabung pada Google Classroom, yaitu : (a) Mengundang mahasiswa menggunakan kode kelas dan  (b) Mengundang mahasiswa melalui email.

Mengundang mahasiswa menggunakan kode kelas

Untuk mengundang mahasiswa menggunakan Kode kelas, kita dapat melakukannya dengan cara klik Forum, pada bagian banner, tepat di bawah judul Kelas, terdapat Kode kelas berupa 7 digit alfanumerik.

Klik pada icon tampilkan untuk menampilkan kode ini lebih besar. Tampilkan pada projector di depan kelas dan minta mahasiswa untuk mencatatnya.

Langkah mahasiswa bergabung ke Classroom

Mahasiswa mengakses Google Classroom (http://classroom.google.com) kemudian login menggunakan akun Google (Gmail). Klik tombol Tambah di bagian kanan atas, Gabung ke kelas.


Setelah itu ketikkan Kode kelas  yang sesuai dengan yang diberikan Dosen dan klik Gabung

Mengundang mahasiswa melalui email

Untuk mengundang mahasiswa melalui email, Klik Tab Anggota, pada ujung kanan bagian Siswa, klik tombol undang siswa.

Selanjutnya muncul dialog Undang Siswa, ketikkan alamat email dari mahasiswa. Kita dapat
menambahkan beberapa alamat email sekaligus. Klik Undang untuk mengakhiri.

Dengan demikian undangan telah teririm ke alamat email yang diinputkan di atas.

Sebagai catatan bahwa alamat email mahasiswa untuk pengiriman undangan dapat menggunakan email apapun, baik Google ataupun layanan email lain seperti Yahoo, Microsoft, dan lain-lain. Namun untuk menggunakan Google Classroom seterusnya dalam perkuliahan, mahasiswa harus memiliki akun Google (Gmail).

Melihat undangan Melalui Email

Untuk melihat dan enindaklanjuti undangan Google Classroom yang dikirim melalui email, mahasiswa harus login ke emailnya masing-masing, dan cari email masuk dengan Subjek Undangan Kelas.

Klik email terebut, dan klik GABUNG

Selanjutnya muncul konformasi  Gabung ke kelas?, dan klik GABUNG untuk bergabung ke kelas.

Demikianlah cara Mengundang Mahasiswa untuk Bergabung pada Google Classroom, semoga ada manfaatnya. Jika Anda tertarik dengan artikel tentang google classroom lainnya anda dapat memeriksanya di tautan ini.

About the Author: Webagus

webagus.id adalah website yang menyajikan berbagai artikel dari berbagai bidang ilmu. Melalui slogannya "Saluran Artikel Bagus" website webagus.id berusaha menyajikan artikel-artikel bagus dari berbagai sumber.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *