Menggabungkan Isi Sel di Excel Menggunaakan Fungsi Concatenate

Pendahuluan

Sebagaimana telah ditulis pada artikel Menggabungkan Isi Sel di Excel Menggunakan Ampersand (&) dan artikel Menggabungkan Isi Sel di Excel Menggunakan Perintah FILL – JUSTIFY bahwa Microsoft Excel sebagai program spreadsheet buatan Microsoft telah dilengkapi dengan berbagai fitur dan kemampuan dalam melakukan pengolahan data baik berupa data angka maupun teks. Dalam bekerja menggunakan Excel, ada kalanya kita perlu melakukan penggabungan isi dari beberapa sel untuk keperluan tertentu. Dalam menggabungkan isi sel di Excel terdapat tiga cara yang dapat kita gunakan. Adapun tiga cara tersebut adalah sebagai berikut.

Sebagai lanjutan tutorial tentang cara menggabungkan isi sel, dalam kesempatan kali ini akan dibahas cara menggabungkan isi sel di Excel Menggunakan fungsi Concatenate. Excel menyediakan fasilitas berupa fungsi Concatenate yang berguna untuk menggabungkan isi beberapa sel yang berada dalam satu atau beberapa kolom dan baris.

Cara Penggunaan Fungsi Concatenate

Berikut ini adalah beberapa contoh kasus dari penggunaan Fungsi Concatenate untuk menggabungkan isi sel di Excel.

Menggabungkan Isi Beberapa Sel yang Terletak pada Satu Kolom yang Sama

Langkah-langkah menggabungkan isi beberapa sell yang terletak pada satu kolom yang sama adalah sebagai berikut.

Pertama, Siapkan data yang akan digabung, misalnya sel B2 sampai B11

Kedua, Siapkan sel yang akan menjadi tempat penggabungan isi sel B2 sampai B11, misalnya sel C2, kemudian ketik pada sel C2  =CONCATENATE(B2:B11), seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Ketiga, Sebelum menekan ENTER, blok atau seleksi B2:B11, seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini, kemudian tekan tombol F9.

Keempat, langkah ketiga di atas akan menampilkan hasil fomula, selnjutnya pada hasil formula ini hapus tanda kurung kurawal { } yang berada di formula, seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Kelima, Tekan ENTER, maka akan diperoleh hasil seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Hasil penggabungan isi sel tersebut menunjukkan bahwa teks hasi gabungan tidak memiliki pemisah antar kata. Jika kita mengingikan pemisah antar kata berupa tanda koma, spasi, atau koma dan spasi, maka kita dapat menggunakan rumus sebagai berikut.

  • Koma: =CONCATENATE(A1:A12 & “,”
  • Spasi: =CONCATENATE(A1:A12 & “ “)
  • Koma dan spasi: =CONCATENATE(A1:A12 & “, ”)

Menggabungkan Isi Beberapa Sel yang Terletak pada Satu Baris yang Sama

Untuk menggabungkan data yang terletak pada baris yang sama sebenarnya sama dengan cara menggabungkan data bentuk kolom (seperti pembahasan di atas). Hanya saja orientasi Range vertikal ini perlu di ubah menjadi range horisontal menggunakan fungsi TRANSPOSE.

Langkah-langkah menggabungkan isi beberapa sel yang terletak pada satu baris yang sama adalah sebagai berikut.

Pertama, Siapkan data yang akan digabung dalam bentuk baris, misalanya sel B2 sampai K2

Kedua, Siapkan sel yang akan menjadi tempat penggabungan isi sel B2 sampai K2, misalnya sel C4, kemudian ketik rumus pada sel C4  =CONCATENATE(TRANSPOSE(B2:K2)), seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Ketiga, Sebelum menekan ENTER, blok atau seleksi bagian rumus TRANSPOSE(B2:K2), seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini, kemudian tekan tombol F9.

Keempat, langkah ketiga di atas akan menampilkan hasil fomula, selanjutnya pada hasil formula ini hapus tanda kurung kurawal { } yang berada di formula, seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Kelima, Tekan ENTER, maka akan diperoleh hasil seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Menggabungkan Isi Beberapa Sel yang Terletak pada Beberapa Baris dan Kolom

Langkah-langkah menggabungkan isi beberapa sel yang terletak pada beberapa baris dan kolom adalah sebagai berikut.

Pertama, Siapkan data yang akan digabung dalam bentuk baris, misalanya sel A1 sampai B3

Kedua, Siapkan sel yang akan menjadi tempat penggabungan isi sel B2 sampai K2, misalnya sel A5, kemudian ketik rumus pada sel C4  =CONCATENATE(TRANSPOSE(A1:B3)), seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Ketiga, Sebelum menekan ENTER, blok atau seleksi bagian rumus TRANSPOSE(A1:B3), seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini, kemudian tekan tombol F9.

Keempat, langkah ketiga di atas akan menampilkan hasil fomula, selanjutnya pada hasil formula ini hapus tanda kurung kurawal { } yang berada di formula, seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Kelima, ganti tanda backslash atau garis mirirng terbalik (\) dengan tanda titik koma (;), seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Keenam, Tekan Enter, maka akan diperoleh hasil seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Demikianlah Menggabungkan Isi Sel di Excel Menggunaakan Fungsi Concatenate. Semoga bermanfaat.

About the Author: Webagus

webagus.id adalah website yang menyajikan berbagai artikel dari berbagai bidang ilmu. Melalui slogannya "Saluran Artikel Bagus" website webagus.id berusaha menyajikan artikel-artikel bagus dari berbagai sumber.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *