Mengenal Komponen-komponen Jembatan Gantung. Jembatan gantung merupakan sistem struktur jembatan yang menggunakan wire rope atau kabel sebagai pemikul utama beban lalu lintas dan Berat Sendiri. Awalnya Jembatan gantung memiliki kabel berlabuh di tanah di kedua ujung jembatan, tetapi beberapa jembatan suspensi yang modern jangkar kabel ke ujung jembatan itu sendiri. Jembatan gantung awal tidak memiliki menara. Saat ini jembatan gantung bertumpu pada kabel vertikal yang terikat pada tali antara menara tumpuan. Setiap beban yang diterapkan ke jembatan berubah menjadi ketegangan dalam kabel utama. Jembatan suspensi awal memiliki kabel berlabuh di tanah di kedua ujung jembatan, tetapi beberapa jembatan suspensi yang modern jangkar kabel ke ujung jembatan itu sendiri. Jembatan suspensi awal tidak memiliki menara atau dermaga, tetapi ini hadir di sebagian besar jembatan suspensi yang lebih besar.
Komponen jembatan gantung terdiri dari 3 bagian yaitu struktur atas, struktur bawah, dan bangunan pelengkap.
Struktur Atas
Struktur atas dari jembatan gantung terdiri dari 6, sebagaimana ditunjukkan pada gambar berikut ini.
1. Lantai Jembatan
Lantai jembatan berfungsi sebagai pendukung beban lalu lintas yang lewat di atasnya.
2. Railling
Railling merupakan pembatas pada pinggiran jembatan untuk memberikan rasa aman bagi pengguna jembatan yang melewatinya.
3. Wire Rope Utama
Wire Rope Utama berfungsi sebagai pemikul beban dan gaya-gaya yang bekerja pada hanger dan menyalurkan beban tersebut ke pylondan angkur utama.
4. Hanger
Hanger pada jembatan gantung adalah komponen yang menahan beban atau berat gelagar atau struktur jembatan.
5. Roller
Roller adalah bagian dari pylon yang letaknya di atas yang berfungsi sebagai tumpuan wire rope utama.
6. Pylon
Pylon berfungsi sebagai penahan beban utama yang timbul dari berat gelagar atau struktur jembatan.
Struktur Bawah
Struktur bawah jembatan gantung terdiri dari dua, yaitu :
1. Pondasi Angkur Utama
Pondasi Angkur Utama berfungsi sebagai pemikul seluruh beban jembatan dan gaya-gaya yang bekerja pada pondasi serta menyalurkan ke lapisan tanah pendukung.
2. Pondasi Ikatan Angin
Pondasi Ikatan Angin berfungsi untuk menahan kabel angin yang dipasang di sebalah kiri dan kanan jembatan untuk mengurangi atau menahan getaran atau goyangan jembatan.
Bangunan Pelengkap
Bangunan pelengkap jembatan gantung terdiri dari tiga, yaitu
- Oprit, retaining wall (dinding penahan tanah)
- Slope protection (pelindung lereng)
- Rambu-rambu dan papan perhatian
Demikianlah artikel tentang Komponen-komponen jembatan gantung, yang bersumber utama dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Peerumahan Rayat. Semoga bermanfaat.