Menambahkan Jurnal Baru dan Menambahkan Journal Manager pada OJS 3

Setelah instalasi OJS 3 selesai, maka hanya ada satu pengguna atau user yang terdaftar pada OJS, yaitu Site Administrator (Administrator Situs). Administrator situs ini bertanggung jawab terhadap pengelolaan website secara umum dan biasanya tidak terlibat secara aktif dalam pengelolaan jurnal.

Salah satu tugas setelah proses instalasi OJS bagi Administrator Situs adalah membuat jurnal baru, menambahkan manager jurnal (Journal Manager), dan memantau kesehatan dari website. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat jurnal baru pada OJS 3 khususnya 3.1.2-1.

Membuat Jurnal Baru

Dalam sistem OJS kita dapat menambahkah banyak Jurnal sehingga memungkinkan suatu lembaga seperti perguruan tinggi dapat mengelola beberapa jurnal dalam satu website. Berikut ini dipaparkan langkah-langkah membuat jurnal baru dalam sistem OJS.

1. Lakukan login ke situs OJS

2. Setelah berhasil login, dan masuk ke halaman Administrator, klik “Create New Journal”

3. Isi nama jurnal (Journal Title), deskripsi jurnal (Journal Description) dan dan alamat jurnal Untuk Journal Description boleh dikosongkan karena tidak wajib diisi. Selanjutnya klik Save

4. Setelah proses Save selesai, maka akan muncul tampilan Setting Wizard untuk pengaturan lanjutan. Namun untuk saat ini pengaturan ini tidak dilakukan terlebih dahulu, karena ini menjadi bagian dari Journal Manager. Untuk sementara klik Cancel, kemudian akan tampil halaman seperti di bawah ini.

Sampai di sini kita telah berhasil membuat Jurnal Baru di OJS 3.1.2-1. Untuk opsi selanjutnya seperti Edit, Remove,  Settings wizard, dan Users dapat dilakukan dengan mengklik tombol segitiga yang ada di kiri nama jurnal.

Menambahkan Journal Manager

Tugas selanjutnya seorang Administrator adalah menambahkan orang yang akan bertanggung jawab untuk pengelolaan jurnal, yang disebut dengan Journal Manager. Langkah-langkah dalam menambahkan Journal Manager adalah sebagai berikut.

1. Klik menu Users and Roles, sehingga muncul daftar User yang sudah ada.

2. Untuk menambahkan User baru, klik Add User

3. Selanjutnya muncul halaman untuk melengkapai beberapa informasi mengenai User. Lengkapi data, khususnya pada bagian yang bertanda asterik (*) karena wajib diisi.

  • Name : isi dengan nama lengkap pengguna
  • Username : isi dengan nama pengguna untuk login
  • Contact : isi dengan alamat email pengguna
  • Password : isi dengan password untuk login, ulangi pada bagian repeat password.
  • Hilangkan centang yang ada di bawah Change Password
  • Isikan negara

Jika telah lengkap, klik OK.

4. Pilih User Rolenya sebagai Journal Manager dengan memberi tanda cek di depannya kemudian klik Save

Sampai di sini kita telah berhasil menambhkan pengelola jurnal. Dengan demikian User OJS telah bertambah seperti di bawah ini.

Artikel Terkait

About the Author: Webagus

webagus.id adalah website yang menyajikan berbagai artikel dari berbagai bidang ilmu. Melalui slogannya "Saluran Artikel Bagus" website webagus.id berusaha menyajikan artikel-artikel bagus dari berbagai sumber.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *