Membuat Titik-titik Penghubung Daftar Isi di Microsoft Word

Daftar isi merupakan suatu halaman dalam suatu dokumen yang menjadi petunjuk isi pokok dalam sebuah dokumen, seperti makalah, skripsi, buku, jurnal, makalah atau karya ilmiah lainnya. Daftar isi dapat diibaratkan sebagai sebuah peta yang menunjukan letak-letak bagian dari dokumen.

Dalam daftar isi sering dijumpai adanya penghubung berupa titik-titik antara isi pokok dokumen (seperti judul, sun judul) dengan nomor halamannya. Lalu bagaimana cara membuat titik-titik pengubung tersebut agar hasilnya rapi? Apakah dengan menekan tombol titik pada keyboard secara berulang-ulang hingga ujung kiri halaman? Atau bagaimana?

Baik, dalam tutorial ini akan dibahas cara membuat titik-titik penghubung pada daftar isi dengan cepat dan hasilnya rapi dengan menggunakan fasilitas Tab di Microsoft Word. Mari kita simak uraiannya berikut ini.

Tahapan Pengaturan

Pertama, Pastikan dokumen untuk membuat daftar isi telah terbuka dan siapkan pokok-pokok pembahasan yang akan menjadi daftar isi.

Kedua, Aktifkan failitas ruler pada microsoft Word, jika belum diaktifkan dengan cara klik View kemudian beri cek pada Ruler.

Ketiga, Tentukan batas maksimal panjang titik-titik daftar isi dan batas untuk meletakkan nomor halaman. Sebagai contoh, saya akan tentukan batas maksimal titik-titiknya adalah 13,5 cm dan batas nomor halamannya 14,5 cm. Perhatikan gambar di bawah ini.

Keempat, Jika telah yakin penentuan batas-batasnya, seleksi/blok isi teks pada daftar isi, klik kanan, kemudian pilih Paragraph untuk membuka kotak dialog Paragraph.

Kelima, jika telah terbuka pilih Tab… pada bagian kiri bawah

Keenam, Selanjutnya muncul kotak dialog Tabs, untuk pengaturan posisi Tab stop (batas panjang titik-titik dan batas nomor halaman). Kemudian atur parameter seperti sebagai berikut

Untuk batas maksimal titik-titik:

Pada Tab stop position isi 13,5 cm. Pada Alignment pilih Left, pada Leader pilih 2…. lalu klik tombol Set.

Untuk batas nomor halaman :

Pada Tab stop position isi 14,5 cm. Pada Alignment pilih Right, pada Leader pilih 1 None lalu klik tombol Set. Dan terakhir klik OK.

Ketujuh, Perhatikan pada ruler, jika langkah-langkah diatas dilakukan dengan benar, maka akan muncul 2 buah tanda tab stop seperti gambar di bawah ini.

Kedelapan, Selanjutnya untuk membuat titik-titik, silahkan arahkan kursor pada bagian kanan tulisan lalu tekan tombol Tab pada keyboard. Sedangkan untuk jarak titik-titik dengan nomor halaman, tekan tombol Tab sekali lagi kemudian ketik nomor halamannya.

Kesembilan, Jika telah selesai maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.

Artikel Terkait

About the Author: Webagus

webagus.id adalah website yang menyajikan berbagai artikel dari berbagai bidang ilmu. Melalui slogannya "Saluran Artikel Bagus" website webagus.id berusaha menyajikan artikel-artikel bagus dari berbagai sumber.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *