Membuat Channel Youtube untuk Pertama Kalinya Menggunakan PC

YouTube merupakan sebuah situs web berbagi video milik Google. Video YouTube dapat menghasilkan uang dengan program monetisasi dari Google Adsense. Hal ini membuat para Youtuber atau kreator video di YouTube, meraih banyak penghasilan dari monetisasi. Hal ini pun juga yang membuat orang penasaran bagaimana menjadi YouTuber. Untuk menjadi seorang Youtuber, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat saluran atau channel YouTube baru.

Membuat channel YouTube adalah cukup mudah, bisa dilakukan menggunakan PC ataupun HP.  Apapun media yang digunakan, syarat utamanya adalah akun Gmail. untuk bagaimana cara membuat akun Gmail, dapat dibaca pada artikel Cara Membuat Akun Google Mail atau Gmail di Tahun 2020 Menggunakan PC

Dalam kesempatan ini akan dipaparkan cara membuat channel YouTube menggunakan PC yang ditujukan bagi pemula yang membutuhkan bimbingan yang lebih detail dan mudah dimengerti.

Langkah-Langkah Membuat Channel YouTube

Langkah 1 – Buka YouTube

Langkah pertama dalam membuat channel YouTube adalah dengan membuka situs YouTube yaitu https://www.youtube.com melalui browser. Pada halaman ini kita harus login dengan mengklik tombol LOGIN di sudut kanan atas.

Langkah 2 – Login dengan Akun Gmail

Langkah kedua adalah login dengan menggunakan akun Gmail. Masukan alamat email, kemudian klik Berikutnya dan masukkan sandi. Klik berikutnya, maka kita sudah Login ke Youtube.

Namun jika sebelumnya sudah login, maka Langkah 2 – Login dengan Akun Gmail dapat diabaikan.

Langkah 3 – Buat Channel

Langkah selajunya adalah membuat Channel. Karena ini merupakan membuat channel YouTube untuk pertama kali, maka langkahnya adalah dengan cara klik Icon Akun Google di sudut kanan atas, kemudian pilih Buat Channel.

Selanjutnya muncul halaman untuk meneruskan pembuatan channel, klik MULAI.

Pilih cara untuk membuat channel, ada dua pilihan yaitu Gunakan nama Anda dan Gunakan nama kustom. Pilihan Gunakan nama Anda, akan membuat channel menggunakan nama dan gambar di akun Google Anda. Jadi secara otomatis nama channelnya sama dengan nama akun googlenya. Sedangkan pilihan Gunakan nama kustom, akan membuat Channel menggunakan brand atau nama dan gambar lain.

Dalam contoh ini dipilih Gunakan nama kustomkarena ingin membuat channel YouTube dengan nama yang berbeda dengan nama akun google. Ketik Nama Channel yang diinginkan dan beri tanda cek pada tulisan Saya mengerti bahwa saya membuat Akun Google dengan setelannya sendiri, selanjutnya Klik tombol BUAT.

Dengan berakhirnya langkah ini maka Channel Youtube kita sudah jadi. Langkah berikutnya adalah melengkapi channel dengan foto profil, deskripsi, dan link situs.

Langkah 4 – Menambahkan Foto Profil Channel

Untuk menambahkan foto profil Channel YouTube yang bari saja dibuat, klik lingkaran yang berisi huruf pertama dari nama Channel YouTube atau klik UPLOAD PICTURE yang terletak di bawah lingkaran tersebut. Ukuran foto profil yang disarankan dalah 800 x 800 piksel dengan format PNG, GIF, BMP, atau JPEG tidak lebih dari 4MB.

Selanjutnya cari dan pilih foto yang akan digunakan, kemudian klik Open, maka gambar profil Channel Youtube kita telah berubah.

Langkah 5 – Membuat Deskripsi Channel

Deskripsi channel berfungsi untuk menjelaskan kepada pengunjung tentang channel YouTube kita. Buat deskripsi channel ini pada bagian  Tell viewers about your channel.

Langkah 6 – Menambahkan Tautan

Untuk menambahkan tautan ini dapat dilakukan di bagian Add links to your sites. Tautan yang dapat ditambahkan berupa URL Custom Link, Facebook, Twitter, dan Instagram.

Langkah 7 – Menyimpan Pengaturan

Langkah terakhir dari serangkaian tahap membuat channel YouTube adalah menyimpan pengaturan yang dilakukan di atas. Klik SAVE AND CONTINUE maka Channel YouTube kita telah berhasil dibuat.

About the Author: Webagus

webagus.id adalah website yang menyajikan berbagai artikel dari berbagai bidang ilmu. Melalui slogannya "Saluran Artikel Bagus" website webagus.id berusaha menyajikan artikel-artikel bagus dari berbagai sumber.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *