Langkah-langkah Membuat Project Baru di Proteus

Pendahuluan

Sebagai mana diketahui bahwa Proteus merupakan perangkat lunak untuk simulasi elektronika. Untuk membuat project baru di proteus, pastikan komputernya tlah terinstal Proteus, dan jika ingin melakukan simulasi Arduino menggunakan proteus, maka proteusnya harus sudah ditambahkan library Arduino. Untuk menambahkan Library Arduini ke Proteus dapat dibaca pada artikel Arduino Library untuk Persiapan Simulasi Arduino di Proteus.

Langkah-langkah

Adapun langkah-langkah pelaksanaan simulasi Arduino dengan keluaran LED berkedip pada proteus adalah sebagai berikut.

1. Jalankan Proteus, kemudian akan muncul jendela seperti berikut ini.

Home Page Proteus

Pada jendela awal ini terdapat beberapa item informasi yang bisa diklik, seperti panduan ISIS Proteus (Getting Started), Help, About, Start, dan News.

2. Untuk membuat project baru, silakan pilih New Project, maka akan muncul jendela New Project Wizard: Start. Beri nama file simulasinya pada bagian Name, dan tentukan folder pada bagian Path, lalu klik Next.

3. Selanjutnya muncul jendela New Project Wizard : Schematic Design. Pilih Create a schematic from selected template.  Di sini kita bisa memilih kategori skematik layout seperti landscape A1, portrait A2, dan lain-lain. Utuk latihan, akan digunakan pilihan DEFAULT, yaitu untuk ukuran A4. Kemudian klik Next

New Project Schematic

4. Muncul jendela New Project Wizard: PCB Layout. jendela ini berfungsi untuk memilih kategori skematik PCB Layout. Terdapat banyak pilihan kategori seperti single layer, double layer, dan lain-lain. Untuk kesempatan ini kita tidak akan membuat PCB layout, sehingga pilih Do not create a PCB layout. Klik Next untuk melanjutkan.

New Project PCB.png

5. Kemudian muncul jendela New Project Wizard: Firmware untuk memilih mikrokontroler yang ingin digunakan, misalnya PIC, AVR, 8051, dalainlain-lain. Sebagai latihan pilih saja No Firmware Project, kemudian klik Next.

New Project Firmware.png

5. Muncul jendela New Project Wizard: Summary. yang merupakan bagian akhir dari proses awal membuat file proyek baru, kemudian klik Finish.

New Project Finish.png

6. Setelah mengklik Finish, maka akan muncul jendela utama dari software Proteus. Pada jendela inilah, kita bisa membuat rangkaian simulasi elektronik sesuai dengan rangkaian desain yang ingin kita simulasikan.

Jendela kerja proteus

7. Yang paling akhir adalah muncul jendela utama dari Proteus untuk mengganbat skema rangkaian elektronika yang diinginkan. Kita dapat menambahkan komponen dengan cepat dengan cara klik tombol P maka akan muncul kotak dialog Pick Devices. Masukkan kata kunci komponen yang akan dimasukkan, misalnya: arduino, resistor 220, dan LED green pada jendela Pick Device. Komponen yang dicari dengan kata kunci akan muncul di bagian kanan.

Pick up device

 

About the Author: Webagus

webagus.id adalah website yang menyajikan berbagai artikel dari berbagai bidang ilmu. Melalui slogannya "Saluran Artikel Bagus" website webagus.id berusaha menyajikan artikel-artikel bagus dari berbagai sumber.