Komputer Sebagai Perangkat Pemroses Data

Komputer adalah perangkat pemrosesan data yang melakukan empat fungsi utama:

  1. Mengumpulkan data, atau menerima data.
  2. Mengolah data menjadi informasi.
  3. Menghasilkan data dan informasi.
  4. Menyimpan data dan informasi.

Perbedaan antara Data dan Informasi

Orang sering menggunakan istilah data dan informasi secara bergantian. Meskipun kedua istilah ini merupakan hal yang sama dalam percakapan sederhana, namun keduanya memiliki perbedaan.

Dalam istilah komputer, data adalah representasi fakta, figur, atau ide. Data bisa berupa angka, kata, gambar, atau bahkan rekaman suara. Misalnya, angka 781290 dan nama Suga dan Otnasus adalah bagian dari data. Informasi adalah data yang telah disusun atau disajikan dengan cara yang berarti. Ketika komputer memberi daftar kontak yang menunjukkan Suga Otnasus dapat dihubungi melalui telepon di 781290, maka data sebelumnya masih terpisah-pisah akan menjadi berguna, yang artinya data-data tersebut menjadi informasi.

Cara komputer berinteraksi dengan data dan informasi

Komputer memiliki kemampuan memproses data dalam hal memanipulasi, menghitung, atau mengorganisasikan data menjadi informasi. Ketika kita pertama kali mendaftar kuliah di suatu kampus, biasanya kita membuat suatu Kartu Tanda Mahasiswa. Dalam membuat Kartu Tanda Mahasiswa, kita perlu menyerahkan data pribadi seperti nama dan alamat untuk dimasukkan ke komputer kepada petugas. Petugas selanjutnya mengambil foto kita dengan kamera digital. Informasi ini kemudian diproses dengan tepat sehingga dapat dicetak pada Kartu Tanda Mahasiswa. Output data yang terorganisasi pada kartu Tanda Mahasiswa ini adalah informasi yang berguna. Akhirnya, informasi itu mungkin disimpan sebagai data digital di komputer untuk digunakan nanti.

Ilustrasi Komputer Memproses Data Menjadi Informasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *