Komputer : Laptop, Tablet, Desktop, Servers

Komputer adalah piranti elektronik, yang beroperasi di bawah kendali instruksi/perintah yang disimpan di dalam memori, yang dapat menerima data (input), memproses data berdasarkan aturan khusus, menghasilkan informasi (output), dan menyimpan informasi untuk digunakan kembali. Komputer berisi berbagai komponen listrik, elektronik, dan mekanik yang disebut sebagai perangkat keras (hardware).

Komponen elektronik dalam komputer memproses data menggunakan instruksi, yang merupakan langkah-langkah yang memberitahu komputer bagaimana melakukan tugas tertentu. Kumpulan instruksi terkait untuk tujuan dasar disebut sebagai perangkat lunak (software) atau program. Dengan menggunakan perangkat lunak, kita dapat menyelesaikan berbagai aktivitas, seperti mencari informasi, mengetik, membuat presentasi, atau bermain game.

Salah satu kategori komputer yang populer adalah komputer pribadi (personal Komputer (PC)). Komputer pribadi (PC) adalah komputer yang dapat melakukan semua kegiatan input, pemrosesan, output, dan penyimpanan dengan sendirinya dan dimaksudkan untuk digunakan oleh satu orang pada satu waktu. Sebagian besar komputer pribadi saat ini juga dapat berkomunikasi dengan komputer dan perangkat lain.

Jenis komputer pribadi meliputi laptop, tablet, dan desktop. Laptop dan tablet kadang-kadang disebut komputer bergerak (mobile). Komputer bergerak adalah komputer pribadi portabel, dirancang sedemikian rupa sehingga pengguna dapat membawanya dari satu tempat ke tempat lain. Pengguna adalah siapa saja yang berinteraksi dengan komputer atau perangkat bergerak, atau memanfaatkan informasi yang dihasilkannya.

Laptop

Laptop, juga disebut komputer notebook, adalah komputer bergerak tipis dan ringan dengan layar yang bisa ditutup dan keyboard di bawahnya. Dirancang agar pas di pangkuan dan untuk transportasi yang mudah. Sebagian besar laptop dapat beroperasi dengan baterai atau catu daya atau keduanya.

Tablet

Tablet biasanya lebih kecil dari laptop tetapi lebih besar dari ponsel, tablet adalah komputer mobile tipis dan ringan yang memiliki layar sentuh. Gaya populer tablet adalah batu tulis, yang tidak mengandung keyboard fisik. Seperti laptop, tablet menggunakan baterai atau catu daya atau keduanya; Namun, baterai di tablet biasanya bertahan lebih lama daripada di laptop.

Desktop

Desktop, atau komputer desktop, adalah komputer pribadi yang dirancang untuk berada di lokasi stasioner, di mana semua komponennya pas pada atau di bawah meja atau meja. Pada banyak desktop, layar ditempatkan di perangkat layar (atau hanya menampilkan) yang terpisah dari menara, yang merupakan kasus yang berisi rangkaian pemrosesan. Tipe lain dari desktop yang disebut all-in-one tidak berisi menara dan menggunakan casing yang sama untuk menempatkan display dan sirkuit pemrosesan. Beberapa desktop dan all-in-one memiliki layar yang mendukung sentuhan.

Desktop

All In One

Server

Server adalah komputer yang didedikasikan untuk menyediakan satu atau lebih layanan ke komputer atau perangkat lain di jaringan. Jaringan adalah kumpulan komputer dan perangkat yang terhubung bersama, seringkali secara nirkabel. Layanan yang disediakan oleh server termasuk menyimpan konten dan mengontrol akses ke perangkat keras, perangkat lunak, dan sumber daya lainnya di jaringan.

Server dapat mendukung dari dua hingga beberapa ribu komputer dan perangkat yang terhubung pada saat yang bersamaan. Server tersedia dalam berbagai ukuran dan jenis untuk aplikasi bisnis kecil dan besar. Aplikasi yang lebih kecil, seperti di rumah, terkadang menggunakan desktop high-end sebagai server. Aplikasi perusahaan, pemerintah, dan web yang lebih besar menggunakan server yang kuat dan mahal untuk mendukung operasi sehari-hari mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *