Instalasi dan Pengaturan Arduino IDE

Pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang Arduino Sebagai Platform Prototipe Elektronika Open Source dan  bagian-bagian dari papan arduino UNO, maka sebagai lanjutannya, pada artikel kali ini akan dibahas cara instalasi dan pengaturan Arduino IDE. Sebagai gambaran umum, Arduino IDE merupakan aplikasi pengembangan program untuk arduino, sehingga kita dapat dengan mudah mengunggah (upload) program dari komputer ke papan Arduino melalui kabel USB.

Langkah-langkah Instalasi dan Pengaturan Arduino IDE

Pertama, siapkan papan Arduino dan kabel USB.

Untuk Arduino UNO, Arduino Duemilanove, Nano, Arduino Mega 2560, atau Diecimila, kabel USB yang dibutuhkan adalah kabel USB standar (A plug to B plug), seperti kabel USB printer seperti ditunjukkan pada gabar di bawah ini.

Kabel USB

Sedangkan untuk Arduino Nano, kita memerlukan kabel USB mini (A to Mini-B) seperti ditunjukkan pada gambar berikut ini.

Kedua, Unduh Software Arduino IDE

Untuk mengunduh Arduino IDE kunjungi situs resmi Arduino melalui link ini. Dari sini kita dapat memilih Arduino IDE yang sesuai dengan sistem operasi yang kita miliki. (Windows, IOS, or Linux). Dalam contoh ini akan diunduh/download Arduino IDE untuk sistem operasi Windows dengan format file ZIP, aka klik link Windows ZIP file for non admin install.

Selanjutnya akan muncul halaman donasi untuk Arduino, silakan pilih donasi yang akan diberikan. Namun jika kita tidak ingin memberikan donasi maka kita dapat mengklik link JUST DOWNLOAD seperti gambar di bawah ini.

Selanjutnya  tunggu proses downloadnya selesai. Proses download akan tergantung pada browser yang digunakan. Jika proses downloadnya telah selesai, Ekstrak file ZIPnya.

Ketiga, Nyalakan Arduino

Langkah ini harus disertai dengan menghubungkan Arduino ke Komputer menggunakan kabel USB dan pastikan LED berwarna hijau dengan label PWR menyala.

Keempat, jalankan Arduino IDE

Untuk menjalankan Arduino IDE, double click file arduino.exe yang terdapat pada folder arduino yang telah diekstrak pada langkah kedua.

Kelima, mulai membuat Project

Setelah software Arduino IDE terbuka, maka kita dapat memilih dua opsi yaitu, membuat project baru dan membuka contoh project yang sudah disediakan oleh Arduino.

Untuk membuat project baru, klik Berkas – Baru atau File – New (Ctlr + N)

Untuk membuka contoh project yang ada, klik Berkas Contoh atau File Example lalu pilih contoh yang diinginkan, misalnya Basics Blink.

Hasilnya adalah sebagai berikut.

Keenam, pilih tipe papan Arduino

Untuk menghindari kesalahan/error saat mengunggah (uploading) program ke arduino, maka kita perlu memilih tipe papan Arduino yang cocok dengan perangkat Arduino yang akan digunakan. Untuk memilih tipe papan arduino, Klik Alat Papan atau Tools Board. Pilih Tipe Arduino yang sesuai, misalnya Arduino/Genuino Uno.

Ketujuh, Pilih Serial Port

Untuk memilih Serial Port, klik Alat – Serial Port atau Tool – Serial Port, lalu pilih port yang sesuai misalnya COM 1, COM 2, atau COM 3.

Kedelapan, Upload Program ke Papan Arduino

Langkah terakhir adalah mengupload program ke papan Arduino. Caranya klik tombol Upload seperti gambar di bawah ini.

Tunggu beberapa saat hingga proses upload selesai. Saat proses upload, Lampu LED RX dan TX pada papan Arduino akan berkedip-kedip. Jika proses upload berhasil maka akan muncul pesan “Done uploading” pada status bar.

You May Also Like

About the Author: Webagus

webagus.id adalah website yang menyajikan berbagai artikel dari berbagai bidang ilmu. Melalui slogannya "Saluran Artikel Bagus" website webagus.id berusaha menyajikan artikel-artikel bagus dari berbagai sumber.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *