Fungsi Excel yang Berkaitan dengan Tanggal

Microsoft excel menyediakan fungsi-fungsi khusus untuk input, pengolahan, dan menampilkan informasi dalam format tanggal. Dengan demikian akan lebih mudah dalam melakukan analisa data yang berkaitan dengan tanggal, bulan dan tahun.

Sebagai catatan bahwa Excel menyimpan tanggal dan waktu sebagai nomor seri berurutan sehingga bisa digunakan dalam perhitungan. Nomor seri 1 dalam Excel menunjukkan tanggal 1 Januari 1900 00:00.

Adapun fungsi-fungsi yang berkaitan dengan tanggal meliputi

  • TODAY
  • DATE
  • DATEVALUE
  • DAY
  • MONTH
  • YEAR

Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing fungsi tersebut beserta contohnya.

1. Fungsi TODAY

Fungsi TODAY digunakan untuk menghasilkan nomor seri tanggal saat ini/hari ini. Fungsi TODAY tidak memiliki argumen sehingga tidak membutuhkan parameter apapun. Cara menggunakannya cukup dengan mengetikan =TODAY()

Sebagai contoh perhatikan gambar di bawah ini.

Today

2. Fungsi DATE

Fungsi DATE digunakan untuk mendapatkan format (nomor seri) tanggal berdasarkan input tanggal, bulan dan tahun yang ditentukan. Fungsi DATE memiliki tiga argumen, yaitu Tahun, Bulan, dan tanggal. Ketiga argumen tersebut harus ditulis dan dapat berasal dari referensi sel, sehingga sintak dari fungsi DATE adalah sebagai berikut.

=DATE(Tahun;Bulan;Tanggal)

Beberapa contoh penggunaan dari fungsi DATE dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Catatan :

  • Jika tahun yang dimasukkan antara 0 (nol) dan 1899, Excel menambahkan angka tahun itu dengan 1900 untuk menghitung tahun. Lihat contoh nomor 3.
  • Jika tahun yang dimasukkan kedalam argumen kurang dari 0 atau lebih dari sama dengan 10000, Excel akan menghasilkan nilai kesalahan #NUM!. Lihat contoh nomor 4 dan 5.

3. FungsI DATEVALUE

Fungsi DATEVALUE berfungsi untuk mengubah tanggal yang disimpan sebagai teks menjadi nomor seri yang dikenali Excel sebagai tanggal. Misalnya, rumus =DATEVALUE(“28/08/1986”) menghasilkan nilai 31652, nilai ini merupakan nomor seri dari tanggal tanggal 28/08/1986.

Fungsi DATEVALUE sangat berguna jika anda mendapatkan data tanggal dari sumber lain namun dalam format teks. Agar dapat diolah dengan fungsi-fungsi tanggal lainnya maka teks tanggal harus diubah dahulu menjadi format tanggal yang dikenal oleh excel, yaitu sesuai dengan pengaturan tanggal pada komputer.

Sintaks penulisan dari fungsi DATEVALUE adalah sebagai berikut.

=DATEVALUE(teks_tanggal)

ArgumenĀ Tteks_tanggal pada fungsi DATEVALUE dapat berupa teks langsung atau referensi sel yang berisi teks dalam format tanggal.

Rentang numerik tanggal untuk excel adalah 1 sampai dengan 2.958.465. Dimana angka 1 merupakan tanggal 1 Januari 1900 dan 2958465 adalah tanggal 31 Desember 9999.

Penggunaan fungsi DATEVALUE ini dapat dilihat pada contoh di bawah ini.

4. Fungsi DAY

Fungsi DAY digunakan untuk menghasilkan angka tanggal atau hari dari seri nomor tanggal dengan rentang dari 1 Sampai 31. Fungsi ini akan menampilkan angka tanggalnya saja, jadiĀ  jika ingin mendapatkan angka tanggal/hari dan mengabaikan bulan dan tahun dari sebuah sel dengan format tanggal, maka fungsi ini sangat berguna.

Sintaks penulisan fungsi DAY adalah sebagai berikut.

=DAY(Nomor_seri_tanggal)

nomor_seri_tanggal merupakan nomor seri sebuah tanggal yang ditulis langsung atau dari referensi sel atau juga hasil dari fungsi/rumus excel lain yang menunjukkan format tanggal yang ingin diambil nilai tanggal/harinya.

Penggunaan fungsi DAY ini dapat dilihat pada contoh di bawah ini.

5. Fungsi MONTH

Fungsi MONTH dalam Excel digunakan untuk menghasilkan angka bulan dari seri nomor tanggal dengan rentang 1 sampai 12. Jika pada DAY yang diambil angka tanggalnya saja, maka pada fungsi MONTH yang diambil angka bulannya.

Sintaks penulisan fungsi MONTH adalah sebagai berikut

= MONTH(nomor_seri)

nomor_seri merupakan sebuah tanggal yang ditulis langsung atau referensi sel atau juga hasil dari fungsi/rumus excel lain yang menunjukkan format tanggal yang ingin dambil nilai angka bulannya.

Penggunaan fungsi MONTH dapat dilihat pada contoh di bawah ini.

6. Fungsi YEAR

Fungsi YEAR dalam Excel digunakan untuk mengambil nilai tahun dari suatu nomor seri tanggal. Jika pada DAY yang diambil angka tanggalnya saja dan fungsi MONTH yang diambil angka bulannya, maka fungi YEAR hanya mengambil angka tahunnya.

Sintaks penulisan fungsi YEAR adalah sebagai berikut

= YEAR(nomor_seri)

nomor_seri merupaka nomor seri dari suatu tanggal baik yang ditulis langsung, referensi sel atau hasil dari fungsi/rumus excel lain yang menunjukkan format tanggal yang ingin diambil nilai angka tahunnya.

Penggunaan fungsi YEAR dapat dilihat pada contoh di bawah ini.

Demikianlah uraian mengenai fungsi-fungsi Excel yang berhubungan dengan tanggal semoga ada manfaatnya.

Artikel Terkait

About the Author: Webagus

webagus.id adalah website yang menyajikan berbagai artikel dari berbagai bidang ilmu. Melalui slogannya "Saluran Artikel Bagus" website webagus.id berusaha menyajikan artikel-artikel bagus dari berbagai sumber.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *