Enam Manfaat Mengonsumsi Bawang Putih

Enam Manfaat Mengonsumsi Bawang Putih. Bawang putih adalah salah satu jenis rempah-rempah banyak digunakan sebagai bumbu masak di Indonesia. Oleh karenanya, bawang putih termasuk benda yang wajib tersedia di dapur rumah masyarakat Indonesia. Selain peranannya sebagai bumbu yang bisa membuat masakan menjadi enak dan lezat, bawang putih juga memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam kadar yang tepat. Namun jika bawang putih dikonsumsi dalam kadar yang berlebihan, maka akan menimbulkan efek samping yang kurang baik bagi tubuh.

Kandungan Bawang Putih

Berbagai kandungan yang ada pada bawang putih membuatnya dapat menjadi obat herbal yang berkhasiat. Menurut Ersi Erlina dalam bukunya yang berjudul Penyakit Asam Urat Kandas Berkat Herbal, dalam setiap 100 gram, bawang putih mengandung unsur sebagai berikut

  • Air 71 gram
  • Kalori 122
  • Protein 7 gram
  • Lemak 0,3 gram
  • Karbohidrat 24,6 gram
  • Kalsium 42 mg
  • Fosfor 109 mg
  • Besi 1,5 mg.
  • Kalium 377 mg

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Sebagaimana telah disampaikan di atas, bahwa bawang putih memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh, karena dapat menjadi obat herbal untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan juga mengobati sejumlah penyakit. Berikut ini adalah manfaat bawang putih bagi kesehatan.

1. Mengobati Pilek

Menurut dr. Adji Suranto dalam bukunya yang berjudul Khasiat & Manfaat Madu Herbal, bawang putih berkhasiat untuk mengobati pilek jika dicampur dengan madu. Caranya meraciknya adalah, haluskan tiga hingga empat siung bawang putih. Kemudian tambahkan madu 450 gram sedikit demi sedikit. Selanjutnya Konsumsi bawang putih yang dicampur madu itu satu sendok makan tiga kali sehari.

2. Mengurangi Asam Urat

Bagi penderita asam urat yang bosan dengan obat kimia, bisa mencoba bawang putih ini sebagai alternatif obat.

3. Menurunkan darah tinggi

Bawang putih disebut dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan oleh kandungan kalium yang terdapat di dalam bawang putih.

4. Mengatasi keputihan

Mengonsumsi bawang putih tiga siung setiap hari disebut dapat mengatasi masalah keputihan yang disebabkan oleh jamur. Hal ini banyak terjadi pada para wanita

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kandungan alisin dalam bawang putih berkhasiat untuk menurunkan kolesterol dan lemak dalam tubuh, sekaligus juga menurunkan berat badan.

6. Mengurangi diabetes melitus

Bawang putih memiliki kandungan antioksidan yang diyakini bisa mengendalikan kadar gula dalam darah. Jika Anda menderita diabetes meliuts atau kencing manis, dapat mencoba mengonsumsi bawang putih untuk mengurangi gejalanya. Caranya adalah dengan mengonsumsi bawang utih maksimal tiga siung per hari.

Sebagai penutup dan catatan, semua manfaat dari bawang putih tersebut akan didapatkan jika dikonsumsi dalam kadar yang tepat dan tidak berlebihan. Demikian ulasan tentang Enam Manfaat Mengonsumsi Bawang Putih. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Webagus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *