Cara Merekam Presentasi PowerPoint dengan PowerPoint

Cara merekam Presentasi PowerPoint menggunakan PowerPoint. Sekilas judul itu agak membingungkan dikarenakan melakukan sesuatu dengan dirinya sendiri. Namun, di PowerPoint hal ini dapat dilakukan dengan sangat mudah dan cepat. Misalnya kita memiliki sebuah presentasi PowerPoint yang akan disampaikan dalam sebuah seminar ataupun kuliah namun ingin kita rekam pada saat kita slide show PowerPoint sebenarnya kita tidak perlu membutuhkan software tambahan jika hanya sekedar merekam tampilan layar. PowerPoint telah menyediakan sebuah menu atau tool untuk merekam layar yaitu screen recording yang dapat kita temukan pada tab insert. Pada prinsipnya menu ini dapat digunakan untuk merekam seluruh aktivitas layar di komputer. Dengan demikian presentasi PowerPoint dalam bentuk slide show tentunya juga dapat direkam dengan PowerPoint itu sendiri.

Artikel ini mencoba untuk memaparkan bagaimana langkah-langkah merekam presentasi PowerPoint menggunakan PowerPoint itu sendiri. Seperti apa langkah-langkahnya mari kita simak uraian di bawah ini.

Langkah-langkah perekaman

Pertama, Siapkan file presentasi yang akan dibawakan dalam sebuah pertemuan.

Kedua, buatlah lembar kerja baru PowerPoint. Lembar kerja baru ini nantinya akan kita gunakan untuk menaruh hasil rekaman layar kita.

Ketiga, Pergi ke tab insert kemudian di paling ujung sebelah kanan klik tombol Screen Recording untuk memulai merekam.

Insert-Screen-recording

Selanjutnya muncul menu yang berisi pengaturan perekaman yang letaknya berada di bagian atas jendela layar kita. Pilih area yang akan direkam dengan cara klik Select Area

Kemudian kita pilih area dengan cara klik tahan tarik pada layar monitor yang akan kita rekam.

Jika telah terseleksi area yang akan direkam Klik tombol Record penghitung mundur 3 detik akan aktif setelah hilang penghitung mundur tersebut maka sudah siap untuk merekam.

Keempat, aktifkan slide presentasi yang sesungguhnya akan dibawakan kemudian klik tombol Slide Show di bagian kanan bawah.

Presentasikanlah PowerPoint tersebut sedemikian rupa sesuai dengan rancangan hingga selesai

Setelah proses perekaman selesai selanjutnya kita tunjukkan mouse pada bagian atas layar kemudian akan muncul panel yang seperti saya sebutkan diatas yaitu pengaturan perekaman, klik Stop Record atau tekan tombol Windows + Shift + Q, maka hasil rekaman tadi akan muncul di slide presentasi yang baru kita buat.

Sampai di sini kita telah berhasil merekam layar presentasi PowerPoint selanjutnya kita melakukan editing berupa pemotongan bagian-bagian video hasil rekaman yang tidak kita butuhkan. Untuk melakukan pemotongan pastikan objek video yang di PowerPoint tadi telah terseleksi kemudian ada menu Playback dan pilih Trim. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut.

Menyimpan Hasil Rekaman dalam Format Video

Setelah selesai melakukan editing, selanjutnya kita dapat menyimpan hasil rekaman tersebut dalam format video. Caranya adalah klik kanan pada objek rekaman, kemudian pilih Save Media As.

Selanjutnya beri nama file dan tentukan folder penyimpanannya.

About the Author: Webagus

webagus.id adalah website yang menyajikan berbagai artikel dari berbagai bidang ilmu. Melalui slogannya "Saluran Artikel Bagus" website webagus.id berusaha menyajikan artikel-artikel bagus dari berbagai sumber.