Cara Membuat Akun Google Mail atau Gmail di Tahun 2020 Menggunakan PC

Gmail atau Google Mail adalah layanan surat elekronik berbasis web milik Google. Dengan Gmail/Google Mail pengguna secara otomatis terdaftar juga sebagai Akun Google. Dengan akun google ini pengguna bisa mengakses ke semua produk Google lainnya seperti Youtube, Google Drive, Google Playstore, Google Photo, dan produk Google lainnya.

Langkah-langkah Membuat Akun Gmail

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat akun gmail pribadi menggunakan PC.

Masuk ke halaman web Gmail melalui alamat URL : gmail.com maka kita akan dibawa ke halaman login akun Google. Perhatikan bahwa alamat URL  gmail.com yang diketik tadi berubah menjadi accounts.google.com dan seterusnya. Dari halaman ini klik Buat Akun untuk membuat Akun Gmail baru.

Pada halaman berikutnya, isi data diri berupa Nama Depan, Nama Belakang, Nama Pengguna, dan Sandi. Untuk Nama Pengguna dapat menggunakan huruf, angka, dan titik. Nama pengguna inilah yang nantinya menjadi alamat Gmail dengan tambahan @gmail.com di belakangnya. Untuk kata sandi (Password) minimal 8 karakter dengan campuran huruf, angka dan simbol. Jika telah selesai diisi, klik tombol Berikutnya.

Setelah klik Berikutnya akan ada proses pemeriksaan nama pengguna apakan sudah digunakan orang lain atau belum. Jika telah digunakan, maka ada peringatan Nama pengguna ersebut telah digunakan. Coba yang lain. Dengan demikian, maka kita harus menggantinya dengan menggunakan ide sendiri atau menggunakan saran yang muncul pada bagian Tersedia.

Jika nama pengguna belum digunakan, maka setelah klik Berikutnya, kita diminta mengisi nomor telepon dan Alamat email pemulihan untuk keamanan akun. Namun hal ini bersifat opsional, sehingga jika dikosongkan juga tidak menjadi kendala pada proses berikutnya. Isian lainnya adalah Tanggal Lahir dan Jenis Kelamin. Jika semua sudah diisi, klik Berikutnya.

Jika kita mengisikan nomor telepon, maka pada halaman selanjutnya akan muncul Verifikasi no. telp. Langkah ini juga bisa ditunda dulu seperti pada tutorialnya, sehingga kita perlu klik Jangan Sekarang.

Selanjutnya kita disuguhi halaman Privasi dan Persyaratan. Scroll ke bawah dan klik Saya Setuju.

Sampai di sini kita telah berhasil membuat akun Gmail. Hal ini ditandai dengan tampilan Kotak Masuk dengan satu email masuk dari Tim Komunitas Google

About the Author: Webagus

webagus.id adalah website yang menyajikan berbagai artikel dari berbagai bidang ilmu. Melalui slogannya "Saluran Artikel Bagus" website webagus.id berusaha menyajikan artikel-artikel bagus dari berbagai sumber.