Cakupan Variabel dalam Pemrograman Arduino

Dalam setiap pemrograman sering melibatkan penggunaan variabel, tidak terkecuali dalam pemrograman Arduino. Dalam pemrograman Ardino terdapat istilah cakupan variabel (Variable Scope). Lalu apakah yang dimaksud dengan Variable Scope? Mari kita simak uraian berikut ini.

Variable Scope

Variabel dalam bahasa pemrograman C, dimana bahasa C ini digunakan dalam Arduino, memiliki suati properti yang disebut dengan cakupan (scope). Suatu cakupan merupakan wilayah dari program dan ada tiga tempat dimana variabel dapat dideklarasikan. Ketiga tempat tersebut adalah sebagai berikut.

  • Di dalam fungsi atau blok, variabel ini disebut dengan variabel lokal (local variable).
  • Di dalam definisi parameter fungsi, yang disebut dengan parameter formal (formal parameters).
  • Di luar semua fungsi, variabel ini disebut dengan variabel global (global variable).

Variabel Local (Local Variable)

Sebagaimana disebutkan di atas, bahwa variabel lokal merupakan variabel yang dideklarasikan di dalam suatu fungsi atau blok. Variabel lokal ini hanya dapat digunakan oleh pernyataan (statement) yang berada di dalam fungsi atau blok kode. Berikut ini adalah contoh penggunaan dari variabel lokal.

Variabel Global (Global Variable)

Variabel global (Global variable) didefinisikan di luar seua dungsi, biasanya pada bagian atas dari program. Variabel global akan menyimpan nilainya sepanjang program dijalankan (life-time).

Variabel global dapat diakses oleh semua fungsi apapun. Artinya variabel global akan tersedia terus untuk digunakan di seluruh program setelah dideklarasikan.

Berikut ini adalah contoh penggunaan dari variabel global dalam pemrograman Arduino.

About the Author: Webagus

webagus.id adalah website yang menyajikan berbagai artikel dari berbagai bidang ilmu. Melalui slogannya "Saluran Artikel Bagus" website webagus.id berusaha menyajikan artikel-artikel bagus dari berbagai sumber.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *