Tinjauan Umum tentang Arduino

Arduino merupakan platform prototipe sumber terbuka yang berbasis perangkat keras dan perangkat lunak yang mudah digunakan. Arduino terdiri dari papan rangkaian, yang dapat diprogram (sering disebut dengan mikrokontroler) dan perangkat lunak yang siap digunakan berupa Arduino IDE (Integrated Development Environment), yang digunakan untuk menulis dan mengunggah kode program dari komputer ke mikrokontroler arduino.
Beberapa fitur utama dari Arduino antara lain adalah sebagai berikut :
  • Papan Arduino dapat membaca sinyal masukan analog atau digital dari berbagai sensor dan menghasilkan keluaran seperti untuk mengaktifkan motor listrik, menyalakan dan mematikan LED, menghubungkan ke awan (cloud) dan lain-lain.
  • Kita dapat mengendalikan fungsi Arduino dengan mengirimkan sekumpulan instruksi ke mikrokontroler pada papan Arduino melalui Arduino IDE.
  • Tidak seperti papan rangkaian yang dapat diprogram sebelumnya, Arduino tidak memerlukan perangkat keras tambahan (programmer) untuk memuat kode baru ke dalam papan arduino. Kita dapat dengan mudah menggunakan kabel USB.
  • Arduino IDE menggunakan bahasa pemrograman C++ yang disederhanakan, sehingga mudah untuk dipelajari.

Jenis-Jenis Papan Arduino 

Terdapat berbagai jenis papan Arduino, tergantung pada jenis mikrokontroler yang digunakan. Namun demikian, semua papan Arduino memiliki satu hal dasar, yaitu dapat diprogram menggunakan Arduino IDE. 
Perbedaan dari berbagai jenis papan Arduino ini didasarkan pada jumlah input dan output (jumlah sensor, LED, dan tombol yang dapat digunakan pada papan tunggal), kecepatan, tegangan operasi, faktor bentuk dan lain-lain. Beberapa papan Arduino dirancang telah memiliki program yang tertanam (embedded) dan tidak memiliki antarmuka pemrograman (hardware) tambahan yang harus dibeli secara terpisah. 

Berikut ini adalah daftar papan Arduino yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *