Tinjauan Umum tentang Komputasi


Ilustrasi

Apa itu komputasi?

Jika kita tanyakan istilah komputasi (computing) kepada para ilmuwan komputer, maka ada kemungkinan kita akan mendapatkan jawaban yang berbeda-beda. Pada tingkat yang paling luas, komputasi didefinisikan sebagai segala sesuatu yang melibatkan komputer, mulai dari merancang komponen fisik yang membentuk satu perangkat untuk merancang sistem besar seperti Internet yang menggunakan prinsip-prinsip komputasi.
Dengan kata lain, komputasi adalah bidang yang luas yang menyentuh hampir setiap sudut masyarakat modern.

Pengenalan Pemrograman

Semua komputasi memiliki landasan umum yaitu pemrograman (programming). Pemrograman adalah tindakan membuat instruksi kepada computer untuk menjalankan dijalankan. Contoh instruksi dapat berupa “Penjumlahan 5 dan 3,” “Akses situ Google.com,” atau “Simpan Dokumen.” Rantai perintah ini membuat perangkat komputasi dapat memiliki perilaku tertentu. Itulah yang disebut pemrograman: menulis perintah, yang disebut “kode”, agar komputer dapat berfungsi.
Mari kita ambil contoh sederhana. Misalnya kita sedang menjelajah internet dan kita melihat tautan yang ingin kita ikuti — sehingga, kita mengekliknya. Ada baris kode yang menerjemahkan yang mengambil klik itu dan mencari tahu apa yang kita klik berdasarkan di mana mouse itu berada. Ada baris kode yang mengambil fakta bahwa kita mengklik tautan dan menggunakannya untuk mengirim permintaan ke Internet untuk mengambil dokumen. Ada baris kode yang memantau pengambilan itu, memastikan bahwa dokumen yang kita minta ada dan mengaturnya saat masuk. Ada baris kode yang mengambil dokumen yang kita terima dan menerjemahkannya ke dalam piksel di layar sehingga kita dapat membaca. Setiap tahapan proses diatur oleh beberapa kode.

Mampu memprogram adalah seperti mampu berbicara Bahasa biasa. Sama seperti kita perlu berbicara bahasa Jawa untuk berkomunikasi dalam Masyarakat Jawa, Kita perlu berbicara “kode” untuk berkomunikasi dalam komputasi.

Belajar komputasi dapat berarti belajar bahasa itu untuk berkomunikasi dalam dunia komputasi. Belajar komputasi tidak hanya belajar cara menulis kode, tetapi juga tahu cara berkomunikasi dalam komunitas yang menggunakan kode sebagai bahasanya. Sama seperti belajar berbicara bahasa baru lebih dari sekedar menghafal kata-kata kosakata, begitu juga bekerja dalam komputasi adalah lebih dari sekadar memahami cara menulis baris kode. Belajar komputasi berarti berusaha memahami kode tulisan yang memungkinkan untuk mengatakan dan melakukan sesuatu.

3 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *